Pelayanan Pelanggan yang Cepat dan Mudah

Cepat tidak Harus Murah

pelayanan pelanggan dengan cepat

Suatu hari mantan rekan kerja saya penah bercerita,

“Kebetulan kami membuka usaha service komputer meliputi perakitan, jual beli, tukar tambah dan perbaikan software dan hardware. Dan produk keunggulan kami adalah basmi virus tanpa intall ulang.
Tarif yang dikenakan biaya service komputer hampir sama dengan toko lainnya dengan lama pengerjaan sekitar 1-3 hari.

Nah, pada waktu itu kebetulan ada cutomer datang ke tempat service komputer kami ingin memperbaiki laptopnya yang terkena virus sality dan conficker.

Tidak berapa lama kami mencoba memeriksanya, tanpa menunggu kurang dari satu jam kami bersihkan virus tersebut. Dan saya serahkan laptop kepada pelanggan, “Sudah selesai pak, coba silahkan dicek program-progamnya dan kami garansi selama 3 hari.”

“Wah cepat sekali mas !!” terlihat pelanggan keheranan. “Berapa biayanya mas?” Tanya pelanggan

“Cuma 40ribu pak..” jawab kami

“Loh kok mahal banget ya? Padahal mengerjakannya g sampai 1 jam?” terlihat sedikit kaget beliau.

“Ehm ini termasuk murah pak, bahkan ini standar tarif service komputer di kota ini. Bapak coba ke tempat service lain mungkin akan lebih mahal, bahkan laptop bapak bisa menginap dulu disana karena pengerjaannya bisa lebih dari satu hari.”

“Kami tahu laptop bapak begitu penting untuk kerja, lagipula disana banyak file-file pentingkan pak? Maka dari itu kami berusaha membantu bapak secepat dan seprofesional mungkin agar Bapak bisa bekerja kembali tanpa diliputi rasa was-was..”

“Semoga bisa dimaklumi.”

Itulah sepenggal kisah yang diceritakan oleh teman saya itu. Kita bisa mengambil pelajaran didalamnya:

  1. Pelanggan kadang butuh penjelasan lebih rinci terhadap pelayanan kita.
  2. Meyakinkan pelanggan adalah sebuah keniscayaan dalam berbisnis.
  3. Pebisnis harus cerdas dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan walaupun terlihat sepele.
  4. Kadang ketika kita sudah merasa memberi pelayananan dengan baik, pelanggan masih saja kurang puas terhadap pelayanan kita.
  5. Orang berpikir waktu yang singkat berarti biaya akan menjadi murah. Tapi dalam kasus lain sebagaimana cerita diatas bahwa waktu yang cepat dalam pelayanan begitu berharga bahkan lebih mahal dari pekerjaan kita.